Ayo Makmurkan Daerah dan Menangkan Jokowi

 

Satu Momentum besar di tubuh Partai Hati Nurani Rakyat yaitu Rapat Kerja Nasional I Tahun 2018 di Pekanbaru baru saja kita laksanakan. Ini dalam rangka memanaskan mesin-mesin partai menuju Pemilihan Umum 2019. Rakernas adalah wadah Hanura untuk duduk bersama para kader guna mencari solusi terhadap berbagai persoalan yang tengah dihadapi bangsa saat ini. Disamping itu Rakernas yang baru usai kemarin itu sekaligus untuk mempertegas sikap kita terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo menuju periode kedua, 2019-2024. Pemerintah saat ini sangat konsisten dan dinamis dalam mencari solusi atas segala persoalan yang dihadapi bangsa.

Pak Jokowi dalam kurun waktu 3,5 tahun pertama periode kepemimpinannya sudah menunjukan kepada kita tekad Kerja, Kerja dan Kerja dengan terbangunnya berbagai infrastruktur di Tanah Air. Begitu juga dengan terjaganya lini inflasi, berkurangnya kemiskinan dan pengangguran serta percepatan pembangunan sektor maritim, sosial politik dan budaya, perbaikan gini rasio, juga pariwisata. Kita akui persoalan bangsa ini sangat banyak. Tiap hari ada saja yang mempersoalkan korupsi, kenaikan dolar, negara mau bangkrut hingga mau bubar. Tetapi persoalan bangsa ini adalah tanggung jawab kita sebagai komponen bangsa tidak peduli apapun itu suku, agama, ras, dan latar belakangnya termasuk kita Partai Hanura.

Karena itu menjadi tanggung jawab saya dan para kader untuk tetap menjaga martabat dan marwah partai serta menjalankan apapun yang telah menjadi keputusan DPP. Termasuk di dalamnya memberikan dukungan penuh kepada pemerintah dan Presiden Jokowi, memenangkan setiap pasangan calon yang didukung Hanura dalam Pilkada. Menang-kalah bukanlah soal. Kepada segenap komponen bangsa, berhentilah berkeluh-kesah, berhentilah mencari kambing hitam, berhentilah menteror rakyat, dan berhentilah memprovokasi masyarakat yang bisa membuat bangsa ini terpecah belah. Hanura adalah partai dengan hati nurani, memberikan solusi atas semua persoalan bangsa, Hanura menentang provokasi, menentang teror. Jangan pernah terprovokasi, mari kite kerja, kerja dan kerja untuk kejayaan Indonesia.

Fokus perjuangan Hanura adalah membangun Indonesia dari daerah. Untuk menjadi bangsa yang besar dan beradab, bermartabat, berdaulat, adil dan makmur, maka kita harus lebih dulu memakmurkan daerah. Bukan tanpa alasan kita harus fokus pada pembangunan daerah karena sebagian besar persoalan bangsa adanya di daerah-daerah. Data- data statistik telah menunjukan bahwa masalah- masalah sosial dan ekonomi, kemiskinan, pengangguran, rendahnya daya beli, dan kesenjangan-kesenjangan lain terjadi di daerah- daerah, desa- desa, kampung-kampung, dan daerah pinggiran. Jika ingin melihat Indonesia makmur, ayo kita makmurkan desa- desa, kampung- kampung. Makmurkan juga para petani, guru, pelaku UMKM dan koperasi. Tiada kemakmuran bisa dicapai oleh suatu bangsa jika belum bisa memakmurkan daerahnya. Dengan kata lain, mari kita makmurkan daerah.

Kepada para kader Hanura diseluruh penjuru Indonesia, tugas sudah menanti didepan mata. Kita harus menang pada Pemilihan Umum di April 2019 nanti, harus menjadi 5 besar dam bahkan bukan tidak mungkin menjadi 3 besar. Kita harus kerja keras karena waktu tinggal 12 bulan lagi. Saya juga minta semua kader menyusun program kerja yang konkret. Kita punya konsep 5 S, yaitu Strategy, Struktur Organisasi, Skill, System, Speed dan Target. Semua sudah tersusun dan kita harus fokus pada Speed dan Target. Kader harus membuat loncatan- loncatan, inovasi dan percepatan Speed dalam pencapaian target.

Dari menit ke menit, jam ke jam, hari ke hari, bulan ke bulan harus terjadi perubahan yang cepat dan terukur sehingga pada April 2019 nanti kita bisa menjadi partai pemenangan Pemilu. Beberapa waktu lalu ada sindiran partai kita diprediksi tidak lolos verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum, kenyataan tidak seperti itu. Hanura lolos verifikasi dengan tingkat tata laksana organisasi yang sangat tinggi dengan jumlah anggota tertinggi di antara parpol yang lain. Hanura juga dinyatakan sah secara hukum oleh Kementerian Hukum dan HAM serta KPU termasuk sebagai peserta Pemilu 2019 dengan nomor urut 13. Kita patut berterima kasih kepada KPU, Badan Pengawas Pemilu yang sudah bekerja keras dan profesionalisme serta produktif.

Akhir-akhir ini ada saja upaya gangguan yang bisa mengacaukan jalannya pemilu serta terhadap Partai Hanura. Kita sebagai warga negara berkewajiban mendukung pelaksanaan pemilu dari segala kekacauan karena ini merupakan amanat konstitusional. Pemilu harus kita kawal bersama serta dijaga dan disukseskan oleh segenap elemen bangsa. Kita juga meminta aparat penegak hukum, KPU, dan Bawaslu untuk tidak memberikan toleransi kepada para pengacau yang jelas- jelas ingin mengganggu suksesnya Pemilu. Tak lupa saya ingatkan para kader untuk mendukung penuh Presiden Jokowi di periode keduanya serta mari kita bawa Hanura menjadi Partai 5 besar pada pemilu 2019 dengan kerja keras. Bangkit, Jaya, Menang !.

(Kolom Bung OSO, Tabloid HANURA)

DEWAN PENGURUS PUSAT

PARTAI HATI NURANI RAKYAT

Kantor Sekretariat | The City Tower Lt. 18 Jl. Mh Thamrin no.81 Jakarta Pusat ,

Telp :(021)3199 7131-32, Email : Info@partaihanura.or.id