Pernyataan Ketua Umum Atas Pendaftaran Caleg Partai Hanura

 

Ketua Umum, Oesman Sapta - "Saya bisa pastikan bahwa jika ingin mendaftarkan diri sebagai caleg, datang saja ke sekretariat Partai Hanura di daerah- daerah. Saya sebagai Ketua umum sudah perintahkan agar pendaftaran caleg itu diumumkan kepada masyarakat secara luas dan bukannya sembunyi-sembunyi. Partai Hanura yang sah itu adalah Ketua Umumnya Oesman Sapta dan Sekretaris Jenderalnya Herry Lontung Siregar. Diluar itu adalah ilegal," tegas OSO

Kepengurusan yang diketuai Oesman Sapta dengan sekjennya Pak Herry Lontung Siregar itu sudah diakui negara, terdaftar di Kementerian Hukum dan Ham. Partai Hanura yang saya pimpin juga diakui oleh KPU sebagai partai politik yang berhak mengikuti Pemilu 2019 dengan nomor urut 13. KPU melalui suratnya, tertanggal 12 Juni 2018 dengan Nomor: 578/PL.01.4-SD/03/KPU/VI/2018, juga sudah menyebutkan kepengurusan pimpinan Oesman Sapta-Herry Lontung merupakan kepengurusan sah dan berhak ikut pemilu 2019.

Perlu masyarakat ketahui bahwa dalam surat KPU RI yang bernomor 578/PL.01.4-SD/03/KPU/VI/2018 ini, memuat beberapa poin terkait kepengurusan DPP Partai Hanura. Menkumham telah menerbitkan SK Menkumham RI Nomor : M.HH-01.AH.11.01 Tahun 2018, tanggal 17 Januari 2018 Tentang Restrukturisasi, Reposisi, dan Revitalisasi DPP Hanura Masa Bakti 2015-2020 dengan Ketua Umum Oesman Sapta dan Sekretaris Jenderal Herry Lontung Siregar. Sesuai butir ke-7 Surat KPU RI tersebut menegaskan bahwa pengajuan Calon Anggota DPRD Provinsi dan DPRP Kabupaten atau Kota oleh DPD/DPW dan DPC Partai Hanura, maka Kepengurusan yang dinyatakan sah adalah Kepengurusan DPD/ DPW dan DPC. Partai hanura yang dibentuk oleh kepengurusan DPP Hanura berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI nomor : M.HH-01.AH.11.01 tahun 2018 tanggal 17 Januari 2018.

Kita apresiasi langkah KPU yang terus memantau aktivitas Partai Hanura dan menemukan adanya aktivitas pendaftaran caleg 2019, yang dilakukan oleh oknum-oknum mengatasnamakan Partai Hanura yang sah. Surat KPU itu telah melindungi masyarakat pemegang hak pilih dan mencegah kerugian yang akan diderita KPU dan Partai Hanura. Sekali lagi Partai Hanura berterima kasih setinggi-tingginya atas sikap KPU Pusat yang tetap konsisten pada aspek legal demi menjaga kepercayaan masyarakat terhadap KPU dan Partai Hanura.

Bagi anggota masyarakat yang terlanjur melakukan hubungan hukum yang diselenggarakan oknum-oknum yang mengatasnamakan Partai Hanura diluar kepengurusan yang sah kami minta agar segera menarik diri, mengurungkan niat untuk mendaftar sebagai caleg dan membatalkan hubungan yang terlanjur terjadi.

DEWAN PENGURUS PUSAT

PARTAI HATI NURANI RAKYAT

Kantor Sekretariat | The City Tower Lt. 18 Jl. Mh Thamrin no.81 Jakarta Pusat ,

Telp :(021)3199 7131-32, Email : Info@partaihanura.or.id