Search for:
Mengapa Partai Hanura

Hanura Hati NuraniRakyat

Partai Hanura adalah satu satunya partai yang berbasis Nasionalis - Religius yang mengedepankan hati nurani dalam setiap tindakan dan gerakan politik yang dilakukan.

Anggota Legislatif

805 anggota dewan di seluruh Indonesia adalah perwakilan dari jutaan rakyat Indonesia yang telah memahami akan pentingnya memilih jalan politik yang mengedepankan hati nurani rakyat.

Kepala Daerah

Puluhan kepala daerah yang saat ini memangku jabatan sebagai gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota dan wakil walikota yang merupakan kader Partai Hanura

Isu dan Aspirasi Digital

Ingin memberikan aspirasi dan ide kreatifitasmu kepada bangsa dan negara ?, Kami memfasilitasinya.

Program HANURA

Tujuan UtamaHATI NuraniRakyat

Berdasarkan AD/ART Partai Hanura

Good Gov

Hanura memiliki tujuan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa melalui penyelenggaraan negara yang demokratis, transparan, akuntable, dan senantiasa berdasar pada pancasila dan UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Good Leader

Hanura ingin melahirkan pemimpin yang bertakwa, jujur, berani, tegas, dan berkemampuan, yang dalam tugas selalu mengedepankan hati nurani

Good Law Enforcement

Menegakkan hak dan kewajiban asasi manusia dan supremasi hukum yang berkeadilan secara konsisten sehingga dapat menghadirkan kepastian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Good HR

Membangun sumber daya manusia yang sehat dan terdidik yang disadari akhlak dan moral yang baik setal memberi kesempatan seluas-luasnya kepada kaum perempuan dan pemuda untuk berperan aktif dalam pembangunan bangsa

Good Economic

Membangun ekonomi nasional yang berkeadilan dan berwawasan lingkungan serta membukan kesempatan usaha dan lapangan kerja yang seluas-luasnya untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat

Good Indonesia

Memberantas korupsi secara total dalam rangka mewujudkan Indonesia yang maju, mandiri & bermartabat

OSO Instruksikan Kader Hanura Rajin Bagi-bagi Bantuan Korban Bencana

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang ( OSO ) menginstruksikan semua kader Hanura rajin membantu masyarakat khususnya yang tertimpa bencana atau musibah. Instruksi itu disampaikan OSO dalam sambutannya di acara peringatan HUT ke-15 Partai Hanura di Hotel JS Luwansa Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/12/2021). “Partai Hanura selama 15 tahun berjuang bersama rakyat, kami menyerap aspirasi dari berbagai elemen masyarakat. Partai Hanura juga memberikan kesempatan kepada semua kalangan untuk berjuang bersama dalam membangun negeri ini,” katanya. Maka itu, OSO juga meminta agar semua pengurus DPP, DPD, hingga DPC terus berjuang dan berkolaborasi dengan masyarakat. “Momentum HUT ke-15 Partai Hanura ini, saya menginstruksikan agar seluruh pengurus DPP hingga tingkat DPD provinsi dan DPC kabupaten/kota melakukan gerakan peduli terhadap masyarakat khususnya bagi yang sedang tertimpa musibah maupun bencana dengan mendistribusikan paket bantuan,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum DPP Hanura Arwani Syaerozi menjelaskan acara peringatan HUT ke-15 partainya digelar secara sederhana. Kata dia, peserta yang hadir dibatasi. Sehingga, kata dia, pengurus DPD maupun DPC mengikuti acara ini secara daring via zoom. “Sesuai arahan dan petunjuk Ketua Umum Partai Hanura Bapak Dr. Oesman Sapta (OSO), HUT ke 15 di masa pandemi ini diadakan secara sederhana tapi sarat dengan makna perjuangan Partai Hanura,” kata Arwani Syaerozi yang juga sebagai ketua panitia penyelenggara HUT ke-15 Hanura ini.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 21 Desember 2021 – 16:34 WIB oleh Rico Afrido Simanjuntak dengan judul “OSO Instruksikan Kader Hanura Rajin Bagi-bagi Bantuan Korban Bencana”. Untuk selengkapnya kunjungi:
https://nasional.sindonews.com/read/634965/12/oso-instruksikan-kader-hanura-rajin-bagi-bagi-bantuan-korban-bencana-1640077926

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.
– Android: https://sin.do/u/android
– iOS: https://sin.do/u/ios

HUT Partai Hanura ke -15, Berjuang Bersama Rakyat

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15, Selasa 21 Desember 2021. Kegiatan secara nasional, dilaksanakan dengan zoom meting, yang dimulai pukul 14.00 WIB.

Menurut Sekteraris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Sekjen DPP) Partai Hanura, Kodrat Shah pada perintaran HUT tahun ini, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Provinsi dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia hadir pada perayaan melalui aplikasi zoom meeting tersebut.

“Adapun agenda adalah Perayaan HUT Hanura ke-15 di masing-masing kantor Sekretariat DPD dan DPC Partai Hanura di seluruh Indonesia memakai seragam partai,” katanya.

Melalui aplikasi zoom meeting 88961515150 dengan zoom password HUT Hanura dan registrasi zoom meeting sudah bisa dimulai pukul 12.30 WIB. Setiap DPD dan DPC Partai Hanura wajib login akun zoom meeting.

“Menggunakan akun Gmail dengan masing-masing identitas Provinsi dan Kabupaten/Kota. Contoh: dpd.hanuradkijakarta@gmail.com/dpc.hanurajakartapusat@gmail.com. Demikian disampaikan untuk dapat hadir pada tepat waktu,” ujar Kodrat Shah.

Khidmat di DPP Jakarta

Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) mengatakan, Partai Hanura telah banyak berkiprah dalam berbagai hal termasuk dalam membangun bangsa.

Demikian diungkapkan OSO saat memberikan sambutan peringatan HUT Partai Hanura ke 15 tahun.

“Partai Hanura selama 15 tahun berjuang bersama rakyat, kami menyerap aspirasi dari berbagai elemen masyarakat. Partai Hanura juga memberikan kesempatan kepada semua kalangan untuk berjuang bersama dalam membangun negeri ini,” ujarnya, di Hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said No.22 Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/12).

Untuk itu, OSO juga meminta agar seluruh pengurus mulai dari tingkat DPP, DPD hingga DPC, agar terus berjuang dan berkolaborasi dengan masyarakat. “Momentum HUT ke 15 Partai Hanura ini, saya menginstruksikan agar seluruh pengurus DPP hingga tingkat DPD Propinsi dan DPC Kabupaten/Kota melakukan gerakan peduli terhadap masyarakat khusunya bagi yang sedang tertimpa musibah maupuan bencana dengan mendistribusikan paket bantuan,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP Hanura sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara HUT Hanura, Arwani Syaerozi mengatakan, acara yang digelar pada masa pandemi Covid tersebut dilaksanakan secara sederhana.

“Peserta yang hadir kami batasi, jadi untuk DPD maupun DPC, rata-rata mengikuti acara ini secara daring via Zoom,” ungkapnya.

“Sesuai arahan dan petunjuk Ketua Umum Partai Hanura Bapak Dr. Oesman Sapta (OSO), HUT ke 15 di masa Pandemi ini diadakan secara sederhana tapi sarat dengan makna perjuangan Partai Hanura,” jelas Arwani Syaerozi.

Hal yang sama juga diungkapkan Sekteraris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Hanura Kodrat Shah. Menurutnya

“Semua terlibat dari pusat hingga cabang, hanya saja tidak bisa semua berkumpul dan hanya bisa ikut merayakan HUT Hanura ke-15 melalui aplikasi zoom meeting. Namun pada intinya, langsung atau Zoom, semua kader khusunya Pengurus Hanura dari tingkat DPP, DPD dan DPC, siap melaksanakan instruksi Ketum, sekaligus siap menyongsong Pemilu 2024 mendatang dengan semangat berjuang bersama rakyat,” paparnya.

Ketua Bidang Kesekretariatan DPP Hanura, Obrien Sitepu mengatakan, usia 15 tahun dianalogikan sebagai generasi milenial yang penuh semangat. Ini diharap menjadi momentum untuk menyongsong kembali kejayaan partai. “Angka 15 ini mencerminkan semangat dan energik anak muda, harus bisa kita manfaatkan,” kata Obrien.

Ia berpesan agar setiap kader senantiasa patuh terhadap instruksi pimpinan. Perlu dipahami jika lembaga partai sama dengan pasukan perang. Dimana ketika turun instruksi dari pimpinan, tidak ada tawar menawar.

“Saya sebenarnya baru satu minggu ke luar rumah sakit, ada gejala stroke ringan. Dokter menyarankan agar saya tidak tinggalkan Jakarta. Tapi karena ada instruksi dari pimpinan, tidak ada tawar menawar,” paparnya.

Obrien turut mengajak seluruh kader, pengurus dan simpatisan mulai lebih merapatkan barisan. Kemudian bekerja cepat dan tepat menuju kejayaan Hanura di pemilihan umum serentak 2024 nanti.

“Ketum, keluarkan tagline from zero to hero, semangat ini harus bisa kita maksimalkan di 2024 nanti. Apalagi Ketum juga sangat berharap semua daerah bisa menjadi basis kekuatan Partai Hanura,” jelasnya.

Baksos di Sintang

Sekertaris DPD Partai Hanura Kalbar, Dian Eka Muchairi mengatakan dalam perayaan HUT ke-15 Partai Hanura, Ketum DPP Partai Hanura, OSO meminta seluruh pengurus dan kader partai untuk selalu dekat dengan masyarakat.

“Beliau juga meminta pengurus dan kader partai agar selalu melakukan kegiatan yang membuat masyarakat mencintai Partai Hanura,” kata Dian kepada Suara Pemred, Selasa (21/12).

Amanat dari OSO tersebut disampaikan oleh Sekjen Partai Hanura, Kodrat Shah secara daring dan dihadiri oleh seluruh pengurus Partai Hanura di Indonesia.

Selain itu, dalam amanatnya, OSO juga meminta seluruh kader Partai Hanura agar selalu solid dan bekerja keras dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

“Permintaan ini juga senada dengan yang telah kami lakukan. Beberapa waktu lalu, kami sudah mengadakan workshop sesuai permintaan DPP dalam rangka mempersiapkan verifikasi jelang Pemilu,” jelasnya.

Puncak perayaan HUT ke-15 Partai Hanura tahun ini, lanjut Dian Eka akan digelar di Kabupaten Sintang. Dipilihnya Kabupaten Sintang bukan tanpa alasan. Pasalnya, kabupaten tersebut merupakansatu dari lima kabupaten di Kalbar yang belum lama ini terendam banjir.

“Nanti puncak perayaan kita lakukan di Sintang. Seperti kita tahu, Sintang belum lama ini paling parah terendam banjir. Meski sekarang banjir sudah surut, tapi masyarakat di sana masih butuh bantuan pasca banjir, dan kita akan hadir di sana juga memberi bantuan ke masyarakat,” sebutnya.

Selain itu, di Sintang nanti juga akan digelar Rakerda Partai Hanura. Diharapkan dipilihnya kabupaten tersebut untuk pelaksanaan kegiatan besar partai juga dapat mendongkrak suara partai.

“Kepedulian kita ke masyarakat tentunya yang utama, dan ini sesuai dengan arahan DPP, semoga apa yang kita lakukan juga dapat memperkuat partai,” ujarnya.

Pemenang Pemilu

Ketua DPC Partai Hanura Kota Pontianak, Damri mengatakan dalam peringatan HUT Partai Hanura ke 15, DPC Partai Hanura Kota Pontianak terus mempersiapkan langkah-langkah ke depan. 

Diantaranya dengan mempersiapkan kader-kader yang memiliki jiwa petarung pada setiap Daerah Pemilihan (Dapil) di Kota Pontianak. Hal tersebut untuk memperoleh kursi dan perolehan suara yang maksimal.

“Karena target kita Hanura menjadi pemenang pemilu khususnya di Kota Pontianak,” ucapnya.

Dirinya menyebutkan dalam usia ke 15 semua kader sangat berharap partai Hanura yang tercinta akan kembali berjaya. Lebih-lebih partai ini mampu melepaskan diri dari prahara yang mungkin masih ada.

“Yang tadi terpecah dan sekarang bisa bersatu kembali untuk membangkitkan semangat juang partai ini sehingga dapat merebut kembali kursi yang ada di DPR RI,” katanya.

Damri mengungkapkan dalam peringatan HUT ke 15 DPP partai Hanura telah memberikan arahan untuk memasang bendera kebesaran partai. Lalu melaksanakan pemotongan kue ultah di setiap DPD dan DPC.

“Agar kita sebagai kader dan pengurus lebih menjiwai arti bahwa partai Hanura itu merupakan salah satu partai yang besar,” ungkapnya.

“Kami akan melaksanakan perintah DPP dan melakukan doa bersama di sekretariat DPC partai Hanura,” kata Damri.

Solid dan Antusias

HUT ke-15 Partai Hanura dirayakan secara sederhana di Hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/12). Peserta yang hadir dibatasi mengingat Indonesia masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Para pengurus DPD maupun DPC Partai Hanura di seluruh Tanah Air mengikuti acara HUT secara daring via zoom.

“Meski kami tidak berada di Jakarta, kami tetap solid dan sangat antusias mengikuti acara peringatan HUT Partai Hanura ke-15 secara daring,” kata Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Sanggau, Acam.

DPC Partai Hanura Kabupaten Sanggau, ditegaskan dia, bergerak solid menuju Pemilu 2024. Dengan pengalaman dan capaian yang telah diraih pada pemilu sebelumnya, Acam yakin hasil yang diraih pada Pemilu 2024 akan lebih baik.

“Sesuai instruksi Ketum Partai Hanura Bapak OSO, kami akan terus berjuang dan berkolaborasi dengan masyarakat. Partai Hanura akan selalu berjuang bersama masyarakat untuk membangun negeri ini, membangun Sanggau yang kita cintai ini,” ujarnya.

Pada Pemilu 2019, Partai Hanura berhasil menghantarkan lima orang kadernya menjadi perwakilan rakyat di DPRD Kabupaten Sanggau. Yakni Yulianto (Dapil Kapuas), Acam (Dapil Tayan Hilir, Toba, Meliau), Sabinus Kimsuan (Dapil Parindu, Tayan Hulu, Balai), Sarinus Sumadi (Dapil Noyan, Beduai, Sekayam, Kembayan, Entikong) dan Fransiskus Kicun (Dapil Mukok, Jangkang, Bonti).

Hasil yang diraih ini, menghantarkan Partai Hanura berhak menempati salah satu kursi unsur pimpinan di parlemen, dengan jabatan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sanggau. Kursi jabatan itulah yang saat ini diduduki Acam.

Menghadapi Pemilu 2024 mendatang, ia menyatakan, Partai Hanura Kabupaten Sanggau sudah sangat siap.

“Secara kepartaian, struktur, administrasi untuk proses verifikasi vaktual kami sudah sangat siap. Pengalaman pada pemilu sebelumnya menjadi modal kami untuk bisa meloloskan partai ini di tingkat kabupaten,” tutur Acam.

Konsolidasi Kader

Ketua DPC Partai Hanura  Mempawah, Tri Margono mengungkapkan peringati HUT ke-15, akan dilaksanakan pertemuan secara zoom meeting.

“Untuk agenda DPC Partai Hanura dalam HUT ke-15,melakukan pertemuan dengan pengurus pusat secara zoom meeting,” tegasnya.

Sedangkan untuk kegiatan DPC Hanura Kabupaten Mempawah yaitu menggelar Bakti Sosial yang akan dilaksanakan usai perayaan Hari Natal mendatang.

“DPC Hanura Mempawah, akan mendekatkan diri kepada masyarakat dengan cara menggelar Bakti Sosial,” tegasnya.

Margono menegaskan, target DPC Partai Hanura Mempawah yaitu dapat memenangkan Pemilu 2024, dengan menambah perolehan kursi di DPRD Kabupaten Mempawah.

“Karena saat ini, kursi di DPRD Mempawah, kita baru 4 kursi. Dan ke depan kita berusaha agar kursi di DPRD Mempawah, bisa bertambah,” harapnya.

Tambah Kursi

Disampaikan Ketua DPC Hanura Kabupaten Kayong Utara, Citra Duani bahwa Sesuai dengan surat yang telah diterima dari DPD Hanura, bahwa dalam rangka memeriahkan HUT Partai Hanura di seluruh Indonesia, semua pengurus, termasuk DPC Kabupaten Kayong Utara, diintruksikan agar melaksanakan berbagai kegiatan.

“Antara lain adalah, Bakti sosial, yang mana berbagai macam bisa dilakukan, misalnya gotong royong membersihkan pekarangan, yang pada dasarnya menjaga kebersihan dan kesehatan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19,” kata Citra Duani.

Selain itu, sambung Citra, akan digelar juga kegiatan yang berkenaan dengan percepat vaksinasi. Kemudian akan dilakukan pula pemotongan tumpeng. Dan kegiatan lainnya yang pada dasarnya kegiatan tersebut langsung menyentuh kepentingan masyarakat.

Ditambahkannya, harapan ke depan terus meningkatkan dan mengevaluasi serta konsolidasi semua kader Partai Hanura Kabupaten Kayong Utara. Dan juga berharap Partai Hanura kedepan presentasi suaranya lebih meningkat, khususnya di Kabupaten Kayong Utara.

“Yang tadinya Partai Hanura Kabupaten Kayong Utara memiliki 3 kursi di legislatif, diharapkan minimal mencapai 5 Kursi,” harapnya.

Bidik Kursi Pimpinan

DPC Partai Hanura Kabupaten Sekadau gelar syukuran HUT Ke-15, mengusung tema 15 tahun “Berjuang Bersama Rakyat”.

DPC Hanura Sekadau segera berbenah untuk persiapan pemilu di 2024.

Ketua DPC Partai Hanura Sekadau, Abun Tono mengatakan tema yang mengusung HUT Kabupaten Sekadau ke-15 itu memiliki arti bahwa sejak berdiri, partai Hanura banyak lika liku.

“Bahkan kita akui di pemilu 2019, kita sempat berada di bawah parliamentary threshold sehingga Hanura tidak ada keterwakilan di DPR RI. Oleh sebab itu, sesuai arahan bahwa Hanura segera berbenah untuk persiapan pemilu di 2024 secara elektabilitas maupun secara administrasi,” kata Abun Tono.

Dirinya yakin pada pemilu 2024 Hanura akan lolos untuk di parliamentary threshold, supaya bisa menempatkan perwakilan di DPR RI.

Menjelang verifikasi faktual untuk pemilu di tahun 2024, Abun Tono mengatakan secara khusus DPC Hanura Kabupaten Sekadau tetap solid, semua kepengurusan hingga ke tingkat desa juga sudah terbentuk.

Ia pun menargetkan minimal 4 kursi pada pemilu 2024 sehingga bisa masuk ke unsur kepemimpinan DPRD Kabupaten Sekadau.

“Sisa waktu yang hanya beberapa bulan kedepan menyongsong verifikasi faktual secara administratif kita sudah siap.

Sebagai ketua DPC tetap optimis karena melihat antusiasme masyarakat terhadap Partai Hanura hingga saat ini tidak ada masalah, orang-orang yang royal terhadap Partai Hanura tetap terjaga, kota,” katanya.

Sementara itu, Liri Muri yang juga kader Partai Hanura mengartikan tema HUT Hanura kali ini adalah bentuk perjuangan bagi rakyat. Dimana negara ada karena ada rakyat, oleh sebab itu tonggak perjuangan Hanura adalah rakyat. Khususnya pada pemilu 2024, Partai Hanura akan berjuang untuk rakyat.

“Tentunya tantangan tidak bisa dipungkiri, karena pesaing politik sangat mumpuni, Kabupaten Sekadau tetap menjadi perhitungan. Tetapi kita menargetkan 4-5 kursi untuk mencapai unsur kepemimpinan,” ungkapnya.

Bakti Sosial hingga Doa Bersama

KETUA Panita HUT ke-15 Partai Hanura Sumut, Rusdi Lubis yang didampingi Fityan Hamdi, menyatakan pihaknya menggelar Bakti Sosial (Baksos) yang ditujukan untuk masyarakat, kaum duafa dan panti asuhan.

Langkah ini dilakukan sesuai dengan instruksi DPP Partai Hanura Pusat dalam rangkaian ulang tahun partai.

“Kami seluruh jajaran Partai Hanura Sumut, juga mendoakan Ketum DPP Partai Hanura, OSO agar selalu diberikan kesehatan dan umur panjang. Begitu pula Kodrat Shah yang ditunjuk sebagai Sekjen DPP Partai Hanura, kami ucapkan selamat dan sukses, amanah, dalam mengerakkan Partai HANURA,” kata Rusdi.

Sementara itu, menyambut HUT ke-15 Partai Hanura, DPC Partai Hanura Kabupaten Klungkung, menggelar persembahyangan bersama di sejumlah pura, Minggu (19/12).

Seperti yang dilaksanakan bertepatan rainan Purnama Saniscara Pon Pahang, Sabtu (18/12), yaitu melaksanakan persembahyangan keliling di sejumlah pura di Kabupaten Klungkung.

Rombongan yang dipimpin Ketua DPC Hanura Klungkung I Wayan Buda Parwata, SP diawali dari Sekretariat DPC, persembahyangan selanjutnya ke Pura Agung Kentel Gumi Banjarangan dan persembahyangan terakhir di Pura Goa Lawah Pesinggahan Dawan. Pada persembahyangan ini diikuti juga Ketua Fraksi Hanura DPRD Klungkung Putu Sri Handayani, SE dan para kader.

Persembahyangan bersama ini merupakan wujud syukur atas perjalanan Partai Hanura yang sudah berkiprah selama 15 tahun di Indonesia.

Pada kesempatan persembahyangan ini, Buda Parwata yang juga Anggota DPRD Klungkung mengungkapkan, selain wujud syukur kita juga mendoakan agar Indonesia, khususnya Klungkung dan Bali  dijauhkan dari bencana alam.

“Sebagaimana kita ketahui belakangan ini telah terjadi bencana alam di berbagai tempat, termasuk banjir bandang di Kecamatan Nusa Penida yang merusak sejumlah rumah tinggal warga dan infrastruktur di wilayah Nusa Penida,” ujar Buda Parwata.

Anggota DPRD asal Desa Timuhun Banjarangkan ini juga mengungkapkan persembahyangan ini juga mendoakan kesehatan Ketum OSO yang beberapa waktu lalu menjalani operasi.

“Semoga Bapak Ketum segera pulih dan sehat untuk memimpin kami pada Pemilu Tahun 2024 mendatang,” ujar Wayan Buda Parwata.

Setelah seharian melaksanakan persembahyangan,  Minggu (19/12) , bersama Ketua DPD Hanura Bali, Kadek Arimbawa menghadiri Upacara Ngaben Massal yang dilaksanakan warga di Banjar Peken Desa Pakraman Gelgel, Dusun Pande Mas Desa Kamasan Kecamatan Klungkung. Pada kesempatan itu Bapak Ketua DPD dan DPC Hanura Klungkung menyerahkan Punia kepada pihak panitia ngaben massal.

“Tetap melaksanakan Prokes Covid-19 pada saat melaksanakan prosesi ngaben massal dan semoga pelaksanaan prosesi upacara Ngaben Massal dapat berjalan dengan baik dan lancar. Rahajeng ngemargiang pitra yadnya, dumogi memargi antar,” ujar Mantan Anggota DPD RI, Kadek Arimbawa yang juga berasal dari Desa Kamasan.

Sedangkan DPD Partai Hanura Kalimantan Utara (Kaltara), melaksanakan pendidikan politik dan kaderisasi menjelang akhir tahun 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, sekaligus dirangkai dengan perayaan HUT Partai Hanura yang ke-15.

Ketua DPD Partai Hanura Kaltara, Ingkong Ala SE. Msi mengatakan, pendidikan politik menjadi salah satu program partai secara nasional. Ini dilatarbelakangi kegiatan pendidikan politik bagi kader dan masyarakat adalah kewajiban partai yang diatur undang-undang.

Secara umum, pendidikan politik bagi kader bertujuan memperkuat idiologi partai dalam menjalankan tugas-tugasnya. Baik tugas di internal organisasi hingga di jabatan eksekutif dan legislatif yang diemban.

“Kita harus implementasikan idiologi partai sehari-hari. Hanura adalah berdasarkan hati nurani masyarakat. Dimana dari masyarakat, oleh masyarakat dan kembali untuk masyarakat,” kata Ingkong Ala.

Di tengah usia Partai Hanura yang menginjak 15 tahun, Ingkong Ala meyakini jika partai ini telah bersinergi dan turut andil dalam proses pembangunan. Baik di tingkat nasional secara umum hingga di tingkat daerah Kalimantan Utara secara khusus.

“Sejak dimekarkan dari Kalimantan Timur, Hanura sudah bersinergi mewujudkan pembangunan daerah di Kalimantan Utara ini,” ujarnya.

Ingkong berterimakasih kepada seluruh kader dan simpatisan yang telah berkontribusi terhadap kejayaan partai. Sehingga saat ini prestasi Hanura dapat dibanggakan di Kaltara. Dimana ada tiga kader yang menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah. Kemudian 5 anggota legislatif di DPRD provinsi serta 17 anggota legislatif di DPRD Kabupaten dan Kota.

“Terimakasih selalu setia dan royal dalam membesarkan Partai Hanura. Tetap semangat dan jaga kekompakan, apalagi kita hendak menyongsong pemilihan umum tahun 2024 mendatang,” jelasnya.

Ketua Dewan Penasihat DPD Hanura Kaltara, Udin Hianggio, berpesan agar setiap kader menjadi contoh dan teladan untuk kepentingan masyarakat. Ia mengingatkan jika tujuan Hanura adalah untuk kepentingan mensejahterakan masyarakat. “Jadi bukan untuk mencari kedudukan untuk kepentingan pribadi. Itu yang harus tertanam kepada kader, dia berjuang untuk kepentingan masyarakat,” kata Udin.

Udin bersyukur jika Hanura di Kaltara cukup mendapat dukungan dari masyarakat. Ini tercermin dari raihan kursi di lembaga legislatif dan eksekutif. Capaian tersebut harus dipandang sebagai hal positif dan wajib dipertahankan.

Sementara itu, Udin optimis Hanura di Kaltara bisa mempertahankan capaian di pemilu 2024 nanti. Terlebih dengan mulai dilaksanakannya berbagai persiapan sejak sebelumnya.

Adapun, Udin secara khusus juga kembali menitipkan pesan bagi kader di lembaga DPRD. Yakni agar mereka senantiasa memperjuangkan kepentingan masyarakat. “Itu akan dilihat masyarakat. Kalau itu dilakukan, InshaAllah saya yakin, haqqul yakin, bahwa pertumbuhan Hanura di Kaltara akan semakin lebih baik,” paparnya.

Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang melalui Sekretaris Daerah Kaltara, Suriansyah, berharap agar Partai Hanura turut memberikan nuansa demokrasi yang berkualitas di Kaltara.

Adanya pendidikan politik juga diharap memberi manfaat positif bagi masyarakat.

“Semoga dengan kegiatan ini bisa membentuk kepribadian dan kesadaran politik yang baik. Mulai di dalam Partai Hanura sendiri dan untuk masyarakat,” kata Suriansyah.

Sementara itu, DPD Partai Hanura Papua, Kenius Kogoya mengatakan dalam rangka perayakan HUT ke-15 yang dilaksanakan pada hari ini, maka pihaknya mengelar beberapa perlombaan dan salah satunya paduan suara.

“Kenapa kita lakukan kegiatan ini, karena kami pikir ada manfaat positifnya untuk masyarakat dalam mengembangkan bakat dalam mengembangkan diri untuk menunjukan kreatifitas dalam perlombaan tarik suara,” kata Kenius.

Menurut dia, Partai Hanura tidak hanya berfikir bagaimana untuk fokus bersaing dalam politik saja tetapi partai ini juga mepunyai visi untuk bagaimana mengembangkan dan mengangkat bakat yang ada ditengah masyarakat di Indonesia.

“Karena di usia ke 15 Tahun ini, kami harapakan masyarakat bisa menikmati semua pujian natal yang dibawahkan oleh kelompok paduan suara saat ini, dan bisa menikmati keindahan suara dan talenta yang tuhan berikan kepada kita semua di Papua,” ujarnya.

Tidak hanya itu, menurut ketua DPD, itu, selain melaksanakan perlombaan paduan suara di HUT ke 15 ini, pihaknya juga melaksanakan lomba hias pondok natal.

“Karena ini menuju pelaksanaan natal, maka selain kegiatan paduan suara yang dilaksanakan, kami dari DPD Partai Hanura juga membuat lomba hias pondok natal, kenapa kami lakukan ini, karena sangat bermanfaat bagi anak-anak muda  agar tidak memikirkan hal-hal yang lain, tetapi mereka tetap fokus dan bisa merasakan arti dari hari natal ini,” katanya.

Sebagi ketua DPD Partai Hanura Papua, Kenius berharap, semoga dengan berbagai perlombaan yang mulai dibukan hari di HUT Partai Hanura dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan di HUT ke 15 ini dengan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh partai hanura Papua dapat bermanfaat dan berguna bagi seluruh masyaraka,” ujarnya.

Kemudian, DPD Partai Hanura Sumatera Selatan (Sumsel), menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2021, yang menandai HUT ke-15 serta pengukuhan pengurus DPC se-Sumsel di Aryaduta Hotel Palembang.

Gubernur Sumsel, H. Herman Deru (HD) yang hadir langsung dalam acara tersebut dan ia akui dirinya dengan partai Hanura memiliki hubungan yang sangat dekat secara emosional dan ia mengharapkan di rakerda ini Partai Hanura bisa menghasilkan rumusan dan rekomendasi yang bukan hanya untuk kader dan kepengurusan internalnya saja.

“Saya ingin partai Hanura juga merekomendasikan kepada Bupati, Walikota dan semua pihak termasuk juga Gubernur, karena kita butuh masukan-masukan untuk apa yang harus diperbuat untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di Sumsel ini,” ungkap HD.

Secara kongkrit HD meminta kepada partai Hanura untuk berpartisipasi mempercepat vaksin minimal untuk kader-kadernya.

“Jadi nanti vaksin nya kita siapkan, nakes nya kita siapkan untuk minimal membuat para kader dari Hanura herd immunity,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Sumsel Ahmad Al-Azhar SH menyampaikan, Rakerda yang dilaksanakan pada hari ini untuk memantapkan lagi program-program kerja dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024 yang akan datang.

“Yang paling penting itu adalah bagaimana Hanura bisa lolos verifikasi faktual dan verifikasi administrasi yang berapa bulan lagi akan dilaksanakan,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa Hanura Sumsel telah melaksanakan verifikasi yang menjadi syarat parpol dan telah melakukan verifikasi internal di seluruh DPC Hanura se-Sumsel.

“Partai Hanura telah 100 persen melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) dan juga selamat kepada ketua DPC yang telah terpilih, mari kita bersama-sama menyukseskan pilkada 2024 yang mana pada pilkada sebelumnya kita sempat mengalami tertinggal namun pada pemilihan kali ini kita optimis akan merebut kembali kursi sebanyak-banyaknya,” katanya.

Transformasi Kerja Kepartaian

PARTAI Hanura harus mentransformasikan kerja kepartaian agar mampu dan memiliki kinerja untuk kontestasi politik 2024 mendatang. 

Sebab kinerja partai saat ini jauh lebih sulit dibanding lima atau 10 tahun yang lalu.

Hanura, tidak relevan lagi menggunakan pola kerja politik yang terbukti tidak efektif dalam mendongkrak formula partai untuk kompetisi elektoral. 

Untuk itu, Hanura harus melakukan konsolidasi antara para senior partai dan seluruh kader muda di partai. Sehingga, kata Ireng akan menciptakan ruang kaloborasi gagasan dari dua belah pihak tersebut. 

Kaloborasi gagasan antara yang mudah dan tua ini untuk memperkuat partai.

Selain itu, figur ketua umum jangan membuat kader partai terlalu ketergantungan. Kata dia, ketua umum harus menjadi figur yang membuat daya ikat bagi semua kader untuk membuat trobosan kerja politik di level daerah. 

Cara organisasi parti harus mampu melihat tantangan politik modern dan masa depan. Terutama dengan era distrupsi informasi yanh memanfaatkan teknologi informasi untuk melahirkan generasi milenial dalam perpolitikan.  

Variabel-variabel tersebut tentu harus menjadi baseline partai untuk membesarkan dirinya ke masa depan karena sesungguh tantangan masa depan tergantung pada tiga variabel itu.

Tak Masalah Gede Pasek Mundur, Hanura: Bukan Orang Penting

 Wakil Ketua Dewan Penasihan Partai Hanura, Inas Nasrullah Zubir, mengatakan pihaknya telah menerima surat pengunduran diri dari Gede Pasek Suardika. Inas mengatakan, Partai Hanura tak mempermasalahkan jika Gede Pasek hengkang. “Kalau Hanura tidak terlalu ribet, kalau mau mundur ya mundur saja. Kan bukan orang penting juga lagi pula,” ujar Inas saat dihubungi, Sabtu (30/10).

Partai Hanura, kata Inas, masih memiliki sosok lain yang berkompeten mengisi posisi sekretaris jenderal. Namun penunjukam sosok pengganti tak bisa diambil dalam waktu dekat, sebab Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) sedang sakit.

“Langkah ke depan kita tentu ada langkah ke depan bagaimana menyikapi proses verifikasi yang mana Pak Ketum saat ini sedang sakit,” katanya.

Di samping itu, mundurnya Gede Pasek disebutnya juga diikuti oleh sejumlah kader yang disebut akan mendirikan partai baru. Namun ia memastikan, jumlah kader yang ikut mundur tak lebih dari 10 orang.

“Setahu saya dari beberapa kawan di Hanura yang mungkin juga mengikuti Pak Pasek ya nanti akan bikin partai baru. Desember lah, setahu saya desember mereka akan deklarasi,” ujar Inas.

Menjadi Anggota Partai HANURA HANURA (Hati Nurani Rakyat)

Saatnya politik di Indonesia mengedepankan Hati Nurani Rakyat